SELAMAT DATANG DI BLOG KU

Senin, 15 April 2013

warna WEB



COLOR (WARNA)

Warna telah digunakan sebagai alat komunikasi selama berabad-abad. Dalam dunia cetak, warna tentu saja telah memberikan manfaat yang tak ternilai dan berlimpah, tetapi, sayangnya, juga mahal dan tidak fleksibel (sekali dicetak). Dengan demikian, warna web memiliki keuntungan cetak yang berbeda atas warna, karena warna web adalah gratis. Selain itu, desainer web bisa memodifikasi skema warna lengkap dengan mudah dan cuma-cuma, tanpa memperhatikan biaya. Namun, menggunakan warna web secara efektif dapat menantang. Mood yang ditimbulkan oleh Skema warna dipengaruhi oleh:

Ø  Umumnya diterima efek psikologis. Misalnya, kuning biasanya dilihat
sebagai warna bahagia, sementara merah dianggap energi.
Ø  Selera individu, berdasarkan respon emosional yang kompleks, bukan logika. Misalnya, beberapa orang merasa hitam adalah menyedihkan, sementara yang lain melihatnya sebagai dramatis.
Ø  Usia. Anak-anak dan remaja sering memiliki selera warna yang sangat berbeda dari orang tua mereka.
Ø  Gender. Secara keseluruhan, pria dan wanita biasanya lebih memilih warna yang sangat berbeda.
Ø  Budaya: Budaya yang berbeda dari seluruh dunia sering memiliki warna yang sangat berbeda estetika dan kebiasaan sosial dan adat istiadat yang berhubungan dengan warna tertentu.

A.    Teori Warna
Pertama-tama kita harus memahami berabad-abad teori warna tradisional sebelum kita dapat memahami di bawah bagaimana menerjemahkan pengetahuan itu untuk manipulasi warna pada model perangkat, layar komputer.


1.      The Color Wheel
Sebuah roda warna grafis mewakili hubungan antara warna. Tiga jari-jari utama dari roda warna tradisional adalah warna primer: merah, kuning, dan biru, seperti yang ditunjukkan pada GAMBAR 5.1.
Setiap warna pelangi dapat dibuat dengan mencampur beberapa kombinasi dari tiga warna primer ditambah hitam dan putih. Pencampuran warna primer yang berdekatan menghasilkan  warna sekunder, sehingga campuran kuning dengan warna merah menghasilkan oranye, biru dicampur dengan kuning menghasilkan hijau, dan merah dicampur dengan biru menghasilkan ungu (GAMBAR 5.2).
GAMBAR 5.3 menggambarkan bagaimana pencampuran yang berdekatan sekunder dan primer warna menghasilkan warna tersier; kuning dicampur dengan oranye menghasilkan kuning-oranye, oranye dicampur dengan warna merah menghasilkan merah-oranye, dan sebagainya.
 Memadukan semua primer, semua sekunder, atau semua warna tersier menghasilkan warna hitam kecoklatan yang sangat gelap, seperti yang ditunjukkan pada GAMBAR 5.4.Warna netral yang benar adalah warna hitam, putih, dan berbagai abu-abu. Hitam dan putih tidak dapat diperoleh dengan mencampur warna lain, namun Anda dapat memperoleh abu-abu dengan mencampur hitam dengan putih. Anda juga dapat memperoleh abu-abu dengan mencampur warna yang berlawanan pada roda warna, disebut warna komplementer, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 5.4.
2.      Atribut Warna
Warna memiliki empat atribut khusus: hue, saturation, nilai, dan suhu.
a)      Hue (atau kroma) adalah istilah teknis untuk warna tertentu, seperti biru, hijau, atau hijau kebiru. Setiap wedges terpisah di roda warna adalah warna yang berbeda. Warna dapat dicampur bersama-sama untuk mendapatkan warna lain, seperti merah dan kuning dapat dicampur untuk mendapatkan oranye.
b)      Nilai mengacu pada terang atau gelap dari warna. Pencampuran putih dengan rona menghasilkan warna, sementara pencampuran hitam dengan rona yang menghasilkan teduh. GAMBAR 5.5 menunjukkan pencampuran murni merah dengan putih untuk membentuk warna merah muda, dan merah pencampuran dengan warna hitam untuk membentuk warna merah anggur.
Perlu diingat bahwa warna dari satu rona relatif ringan, seperti kuning, juga bisa memiliki nilai yang lebih ringan dari warna lain yang relatif gelap, seperti ungu. Tints seperti merah muda pada Gambar 5.5 dikatakan tinggi kunci, yaitu hanyalah cara lain untuk mengatakan mereka adalah terang di nilai. Nuansa seperti merah anggur di angka yang rendah, atau gelap nilai.
c)      Kejenuhan atau saturasi mengacu pada tingkat kemurnian atau intensitas sebuah warna. Sebuah rona penuh-jenuh salah satu yang belum dicampur dengan hitam, putih, abu-abu, atau warna yang saling melengkapi warna tersebut, karena salah satu dari warna-warna tersebut perlu penambahan saturasi warna. Api mesin merah, Kelly hijau, dan biru kobalt warna penuh-jenuh, seperti yang ditunjukkan pada GAMBAR 5.6.
Cara lain untuk mengurangi kejenuhan rona adalah untuk mencampurnya dengan abu-abu atau dengan kecil jumlah warna komplementer rona itu. Lihat GAMBAR 5.7 untuk contoh nada serupa merah diciptakan dalam dua cara terpisah.
                       
                       
Warna kurang jenuh, seperti nada dan nuansa, secara definisi kurang intens, yang bermanfaat bila Anda mencari warna-warna elegan, warna-warna tanah, atau kaya. Di sisi lain, mereka juga bisa tampil menjemukan, kusam, atau kumuh. Itu tidak berarti bahwa kumuh adalah hal yang buruk, itu semua tergantung pada suasana hati Anda ingin membangkitkan.
d)     Suhu warna mengacu pada apakah warna "terasa" hangat atau dingin. hangat warna didasarkan pada kuning, oranye, dan merah, sedangkan warna dingin didasarkan pada ungu, biru, dan hijau. GAMBAR 5.8 mengidentifikasi warna-warna hangat dan sejuk.
              
3.      Mode Warna Subtraktif : Cahaya Tercermin
Warna yang dihasilkan oleh gelombang cahaya. Seberkas cahaya putih sebenarnya terdiri dari semua warna dari spektrum yang terlihat. Jika seperti seberkas cahaya bersinar melalui prisma, ia terbagi menjadi gelombang individu, sehingga kita melihat pelangi seluruh warna. Di sisi lain, ketika sejumlah berkas cahaya putih menyerang obyek, obyek menyerap beberapa gelombang warna sementara mencerminkan lain. Warna yang kita lihat adalah bahwa permukaan mencerminkan warna. Sebagai contoh, ketika kita melihat bunga matahari kuning, semua warna dari spektrum cahaya yang diserap oleh bunga matahari kecuali untuk warna kuning, tercermin dan dengan demikian yang dirasakan oleh mata kita. Sistem warna disebut warna subtraktif modus, karena warna-warna yang diserap oleh objek dikurangi dari warna-warna yang dapat kita lihat. Mode warna subtraktif adalah apa yang terjadi ketika kita melihat benda yang tidak memproyeksikan cahaya sendiri, dan itu adalah dasar di atasnya yang bersandar teori warna tradisional (dan seni tradisional).
4.      Mode Warna Aditif : Cahaya Proyeksi
Warna web bekerja cukup berbeda. Alih-alih menggunakan cahaya yang dipantulkan, monitor  komputer menggunakan cahaya diproyeksikan, sebanyak matahari, bola lampu, dan penggunaan layar televisi (atau hanya yang) diproyeksikan cahaya. Di sini, kita melihat seberkas cahaya, sehingga kita melihat gelombang cahaya dikombinasikan daripada dipisahkan. Misalnya, piksel putih pada layar adalah sebenarnya gabungan semua gelombang warna yang tersedia. (Ingat prisma?) Ini sistem warna, kemudian, disebut mode warna aditif, karena semua warna ditambahkan bersama-sama untuk menghasilkan warna yang kita lihat. Karena aditif (web-based) warna diproduksi oleh cahaya diproyeksikan dari permainan komputer  fosfor, gelombang cahaya dicampur bersama tanpa kekhawatiran tentang apa permukaan menyerap, mungkin tidak ada permukaan untuk melakukan penyerapan.
Perancang web mencampurkan cahaya daripada pigmen. Seperti yang akan segera kita lihat, banyak dari yang kita ketahui tentang tradisional teori warna terbalik dengan warna pencampuran aditif untuk menampilkan komputer. Pixel adalah satu titik warna pada layar, terdiri dari campuran berbagai dari fosfor merah, biru, dan hijau, disebut sebagai sistem warna RGB, karena sekarang warna primer merah, hijau, dan biru.
Gambar 5.9, 5.10, dan 5.11 menyajikan warna RGB primer, sekunder, dan tersier masing-masing. Warna mirip dengan roda warna tradisional yang diwakili, tetapi mereka diperoleh dengan cara yang berbeda. Misalnya, warna sekunder sekarang kuning, magenta, dan cyan.
                                    
5.      Palette Web dengan Aman
Ada palet (koleksi warna yang tersedia) dari 216 warna yang setidaknya agak diprediksi melintasi berbagai hardware dan platform perangkat lunak. Disebut web-safe palet (atau, sebelumnya, palet safety), warna-warna ini diakui secara universal oleh semua browser dan sistem (baik, kecuali sistem yang benar-benar kuno, dan sebagainya). Meskipun warna tidak muncul persis sama pada semua sistem karena keanehan monitor yang berbeda, mereka setidaknya diakui jelas oleh semua sistem.
Web-safe warna yang dipilih secara matematis, bukan karena mereka selalu memilih warna yang paling sering akan Anda gunakan. Kode RGB untuk web-aman warna yang dibuat up dari nol digit ditambah digit hex lain yang merupakan kelipatan dari tiga: 3, 6, 9, C (12), dan F (15). (Tolong jangan tanya mengapa mereka berada dalam kelipatan tiga). Selain itu, angka yang selalu digunakan dalam pasangan yang sama. Misalnya:
■ # 3366FF adalah web-aman, karena terdiri dari pasangan digit identik, semua kelipatan dari tiga.
■ # 2255AA tidak web-aman karena angka tidak kelipatan tiga.
■ # 3693CF tidak web-aman karena digit, meskipun kelipatan tiga, tidak dipasangkan identik.
Setiap langkah dalam pasangan nomor diperbolehkan, seperti 33-66, merupakan 20% peningkatan saturasi warna untuk itu. GAMBAR 5.13 menyajikan beberapa contoh web-warna yang aman.
           
Kami akan melihat palet web-aman keseluruhan, dalam beberapa inkarnasi, di bagian berikutnya. Banyak warna memiliki nama serta kode hex. Misalnya, Anda bisa mengatakan "Warna: merah "dalam CSS Anda. Halangan adalah bahwa hanya sepuluh nama-nama warna menerjemahkan warna untuk kode tepat yang sama di semua browser. Anda akan berpikir sesuatu sebagai "red" yang terus menerus harus selalu menerjemahkan ke # FF0000, tapi sayangnya, belum tentu benar. Misalnya, nama warna "coklat" diterjemahkan ke # A52A2A di Navigator 7.2 dan # 993.333 di Internet Explorer 6. Meskipun  versi baru Internet Explorer dan Firefox lebih konsisten satu sama lain, itu masih aman untuk menggunakan kode hex, bukan nama. Hampir semua program grafis dan lingkungan pengembangan web menyediakan versi mereka sendiri palet web-aman. Sayangnya, palet web-aman adalah sangat terbatas
Dithering bolak pixel dari dua warna yang berbeda dengan maksud menipu mata kita dalam mengamati perantara, ketiga warna-yaitu, pada dasarnya, dengan berpura-pura. GAMBAR 5.14 memberi Anda perbandingan visual warna ragu-ragu dan non-ragu-ragu. Dithering di layar komputer bekerja dalam banyak cara yang sama bahwa campuran mata individu frame dari sebuah buku flip-untuk mensimulasikan apa yang kita rasakan sebagai "gerakan" halus.
           
           
Meskipun mata kita melakukan fungsi pencampuran otomatis, tampilan kasar dari dithering masih bisa terlihat dan mengganggu, terutama di daerah besar warna apa yang harus solid. Meskipun dithering tidak selalu buruk (kadang-kadang kita bahkan mungkin melakukannya dengan sengaja untuk efek khusus), sebagian besar warna solid lebih baik terhadap warna ragu-ragu.
6.      Pengolahan Warna pada Sistem Berbeda
Sistem yang berbeda tidak dapat diandalkan untuk menampilkan semua warna dengan cara yang sama. Sistem kombinasi operasi sistem tertentu (Mac atau Windows), browser, monitor, dan kartu video semua memiliki efek pada output warna. Ini banyak seperti melihat deretan dif-model beda dari TV di sebuah toko alat, masing-masing membuat warna sedikit berbeda. Karena itu, warna yang berakhir menampilkan pada sistem pengunjung dapat bervariasi dari warna yang menampilkan pada sistem Anda, bahkan jika dua warna menggunakan RGB yang sama kode warna. Misalnya, # 999.966 gudang terlihat merah pada beberapa sistem dan raspberry pada lain, sebuah varian yang kebanyakan desainer akan mempertimbangkan untuk menjadi, baik, signifikan.
Secara khusus, LCD (Liquid Crystal Display datar) layar biasanya memiliki lebih terang dan lebih jenuh palet dibandingkan monitor CRT. Selain itu, sudut pandang Layar LCD mengubah cara warna muncul. Jika Anda sedang merancang pada layar LCD, itu mutlak penting bahwa Anda memeriksa warna pada monitor CRT awal dalam proses desain. Faktor lain yang mempengaruhi warna pada layar adalah sistem gamma, mengukur dari terang atau gelap tampilan suatu sistem. Gamma berukuran rendah, yang lebih ringan dan warna terlihat cerah. Komputer Macintosh memiliki default gamma dari 1,8, sedangkan Windows sistem memiliki gamma sekitar 2,2 (dengan asumsi bahwa Pengunjung belum tweak pengaturan pada layar, sesuatu yang kita sayangnya tidak bisa kontrol). Hasilnya adalah bahwa jika Anda merancang pada Mac, warna akan tserlihat lebih gelap dan suram ketika ditampilkan pada mesin Windows. Tentu saja, sebaliknya juga benar; halaman yang dibuat pada PC Windows terlihat jauh lebih ringan dan lebih cerah pada Mac.

B.     Mendefinisikan Warna untuk Web
Kesbanyakan media cetak seniman yang bekerja dengan warna subtraktif menemukan warna pencampuran menjadi intuitif, mereka tidak perlu untuk melakukan riset bagaimana mencampur cat oranye, karena, misalnya, oranye benar-benar terlihat seperti itu harus (dan sebenarnya) kombinasi merah dan kuning. Sebaliknya, web pencampuran warna sering tidak intuitif, kuning tentu bukan kombinasi hijau dan merah tampaknya. Karena seniman web sangat bergantun pada pemilihan dari palet standar yang dibangun ke dalam perangkat lunak. Kami akan meninjaunya, namun, seperti yang akan kita lihat nanti dalam bagian ini, kita tidak perlu dibatasi oleh ketersediaan palet jika kita tahu bagaimana untuk atau mencampur sampel warna pada layar.
1.      Memilih Standar Warna dari Palet
Palet warna kebanyakan disediakan dalam grafis dan perangkat lunak pengembangan web yang dibatasi dalam jumlah kecil, karena tidak mungkin untuk menampilkan semua warna 16,8 juta pos-jawab pada layar pada saat yang sama, bahkan jika palet yang digunakan hanya satu pixel per hue. Seringkali, kita menggunakan web-aman palet sebagai titik lompatan terakhir, tweaking warna dari sana, hanya karena mereka adalah seperangkat pengelola dan perwakilan dari warna. Mari kita lihat pada palet dalam Adobe Creative Suite untuk melihat apa yang tersedia. Web-safe Warna Cubes Palette di GAMBAR 5.16 canggung untuk digunakan karena secara fisik memisahkan warna terkait. Misalnya, warna yang muncul menjadi versi kuning di tiga wilayah kubus yang berbeda dari palet, yang membuatnya sulit untuk memilih dua atau tiga harmonis variasi sebuah rona.
                 
2.      Sampling Warna
Banyak pengembangan lingkungan dan paket pengeditan gambar menawarkan alat pipet / color picker. Jika alat ini dipilih dan warna pindah pada layar komputer, "sampel" warna dan memberikan kode warna HTML. Seringkali, alat penetes mata bekerja bahkan jika itu pindah dari jendela asli, yaitu, ke komputer desktop atau jendela aplikasi lain yang terbuka. Misalnya, alat pipet dalam Fireworks dapat dipindahkan off dari jendela Fireworks ke jendela independen, seperti jendela browser, memungkinkan Anda untuk menentukan dan menyalin kode warna dari setiap situs web. Proses pengambilan langkah lebih lanjut, Anda dapat mengungkapkan kode warna dari hampir semua objek yang akan cocok di tempat tidur scanner Anda, baik itu kain, iklan majalah, atau daun musim gugur. Proses ini sama, Anda pertama kali memindai objek, dan kemudian Anda dapat mencicipi itu.
3.      Pencampuran Warna Manual
Seperti yang telah kita lihat, palet adalah kenyamanan, tetapi mereka tidak datang dekat dengan menekan kekuatan 16,8 juta warna yang tersedia bagi kita. Untuk itu, kita perlu untuk mencampur warna manual. Untuk setiap jenis warna yang akan kita bahas, kita akan melihat tiga teknik pencampuran :
Memanipulasi kode warna RGB matematis (spin baru pada "Cat-by-angka").
Menggunakan gradien warna (campuran bertahap dari satu warna ke yang lain).
Menggunakan overlay warna semi-transparan.
Seperti yang kita memanipulasi kode warna, ingat bahwa # FFFFFF adalah putih dan # 000000 adalah hitam. Ini masuk akal, kemudian, bahwa untuk membuat warna lebih ringan dalam nilai, kita "tambahkan" putih; yaitu, digit dalam kode mendapatkan lebih besar, mendekati # FFFFFF. Melihat # CAF0E6, kita mungkin menebak bahwa itu adalah warna yang cukup terang. Untuk membuat gelap warnanya, kita "tambahkan" hitam, nomor semakin kecil sampai mereka mendekati
# 000000 (sekali lagi, kode untuk hitam). Dengan demikian, # 30421A adalah warna yang cukup gelap.
Cara cepat berikutnya untuk menggunakan teknik matematika adalah dengan menggunakan palet standar pertama untuk mendapatkan dasar warna yang dekat dengan apa yang Anda inginkan, dan kemudian pergi untuk  men-tweak warna matematis berakhir dengan tepat yang Anda butuhkan.
4.      Pencampuran Warna Netral
Netral benar berwarna putih, hitam, abu-abu dan variasi, dan memiliki kode RGB warna yang terdiri dari tiga pasang hex yang sama, seperti yang ditunjukkan pada GAMBAR 5.21. Setiap kode warna yang terdiri dari tiga pasang yang sama, seperti # D3D3D3 atau # 999999, menghasilkan beberapa versi abu-abu di layar. Semakin tinggi angka dalam kode, yang lebih ringan abu-abu, karena, seperti yang telah kita lihat, kode-kode untuk mendekati putih. Sebaliknya, semakin rendah angka, gelap abu-abu. Dengan demikian, kode warna # CACACA adalah jauh lebih ringan daripada abu-abu # 4F4F4F.    
Kita juga bisa menggunakan paket grafis untuk membuat bentuk dan mengisinya dengan gradien yang nuansa putih dari satu sisi menjadi hitam di sisi lain, sehingga tak terbatas spectrum abu-abu di sepanjang gradien. GAMBAR 5.22 menunjukkan seperti gradien.
                                
Gunakan pipet / color picker alat paket pengedit gambar untuk memilih warna dari sepanjang gradien. Jika Anda perlu web-aman warna, mengubah kode hex yang dihasilkan untuk "snap" itu sampai abu-abu web-aman terdekat.
5.      Pencampuran Tints
Untuk membuat tints dari warna menggunakan teknik matematika, memilih warna dasar seperti # 00FFFF (maksimum saturasi cyan) dan mengubah kode matematis sehingga mendekati putih. Untuk melakukan itu, tambahkan jumlah semakin besar namun sama dari hex lainnya Pasangan (s): # 00FFFF> # 33FFFF> # 66FFFF> # 99FFFF> # CCFFFF, sebagai ilustrasi di GAMBAR 5.23.
 Cara lain untuk mencampur warna adalah dengan menggunakan paket grafis untuk membuat bentuk dan mengisinya dengan gradien yang nuansa dari warna asli pada satu sisi menjadi putih di sisi lain. Cara terakhir untuk mencampur warna adalah untuk lapisan bentuk semi-transparan putih atas asli warna dasar. Untuk melakukan hal ini dengan warna cyan:
1. Buat bentuk diisi dengan cyan.
2. Overlay bentuk asli dengan mengisi salinan yang memiliki putih dan perantara transparansi nilai, seperti 50%. Tweak persentase transparansi overlay sampai Anda mendapatkan warna yang tepat yang Anda butuhkan.
6.      Pencampuran Shades
Untuk menghasilkan nuansa warna dengan mengubah kode hex matematis, progresif-sively mengurangi pasangan hex ​​(s) untuk rona dasar sampai warnanya mendekati hitam, seperti ditunjukkan dalam GAMBAR 5.25.
Di sini, pasangan cyan pertama kali dikurangi menjadi CCCC, kemudian 9999,dan sebagainya, dengan hitam sebagai hasil akhir. Pencampuran warna dengan gradien identik dengan tints pencampuran dengan gradien, tetapi menggunakan hitam di ujung spektrum dari putih, seperti yang ditunjukkan pada GAMBAR 5.26. Untuk mencampur warna menggunakan overlay, ulangi cara mencampur warna, tetapi menggunakan semi-transparan hitam overlay.
                       
7.      Pencampuran Nada
Pencampuran nada matematis adalah sedikit lebih rumit daripada pencampuran tints atau nuansa. Sekarang, kita mengubah kode warna untuk mendekati abu-abu sekaligus mengurangi pasang hex untuk dasar rona cyan sementara meningkatkan pasangan lainnya. GAMBAR 5.27 menggambarkan beberapa nada yang dapat terjadi.
Pada dasarnya, Anda membuat nada dengan menambahkan abu-abu untuk warna. Artinya, Anda menambahkan kedua komponen abu-abu: hitam dan putih. Anda menambahkan hitam dengan mengurangi pasangan hex ​​untuk warna aslinya (seperti yang akan Anda lakukan untuk membuat teduh) dan Anda menambahkan putih dengan meningkatkan pasangan hex ​​lainnya (seperti yang akan Anda lakukan untuk membuat warna). Dalam melakukannya, ada perbedaan numerik menurun antara pasangan rona dasar dan warna lainnya, sehingga mendekati abu-abu murni (nilai yang sama dari ketiga pasang).
8.      Pencampuran Warna Lain
Anda juga dapat membelokkan rona terhadap salah satu warna tetangganya. Misalnya, Anda mungkin ingin kuning memiliki warna kehijauan, atau merah memiliki nada ungu. Untuk mencapai hal ini secara matematis, meningkatkan kode untuk pasangan atau pasangan yang terbaik mencerminkan arah yang Anda ingin pergi ke hue. Bergantian, membangun gradien antara dua warna. Anda dapat membelokkan seluruh kelompok warna sekaligus dalam arah warna tertentu sebagai cara untuk membuat palet bersatu, seperti yang ditunjukkan dengan menggunakan palet terus menerus Adobe sebagai
"model" dalam GAMBAR 5.31.
C.    Memilih Skema Warna
Ini perlu mengulangi bahwa hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk membangun banding, suasana hati, dan suasana untuk situs Anda adalah untuk memilih skema warna yang sesuai. Meskipun warna web dicampur berbeda dari keadaan media, itu tidak berarti bahwa Anda perlu mempelajari semua teori-teori baru untuk membuat warna bekerja di web, teori-teori lama tentang skema warna menyenangkan masih terus benar. Misalnya, kuning selalu terlihat bagus dengan warna oranye terkait apakah kuning diciptakan dengan cat (warna subtraktif) atau piksel (warna aditif).
Bila Anda diperbolehkan untuk memilih warna Anda sendiri, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan audiens dan tujuan dari situs. Sebuah situs untuk anak-anak mungkin menggunakan warna-warna primer atau beberapa desain lain sepenuhnya jenuh Benderang. Sebuah situs grup rock mungkin menggunakan funky kombinasi warna neon, atau skema gelap dan keruh, tergantung mood band ingin proyek. Sebuah skema warna yang lebih tenang dan stabil, seperti monochromatic biru, cocok untuk situs perusahaan (sekali lagi, berpikir "Big Blue," IBM).
Warna membangkitkan asosiasi tertentu dan emosi dalam pikiran kita. Berikut ini adalah ringkasan beberapa dari asosiasi untuk dunia Barat:
1.      Kuning: ceria, cerah, ceria, senang, bercahaya, intens. Populer contoh:
energi tinggi label logo Citron Absolut.
2.      Orange: energik, ceria, berseri-seri, vital, ceria, menyenangkan, bahagia, komedi, meriah, keras, populer dengan anak-anak. Ini membawa banyak kualitas yang sama yang komponen kuning dan merah. Oranye kehilangan popularitas selama bertahun-tahun karena asosiasi dengan periode akhir 1960-an dan awal 1970-an, tetapi sekarang membuat cerdas. Ketika meringankan untuk persik atau karang: lembut, kelas atas, nurtur-ing, sehat. Ketika gelap untuk karat yang mendalam: sensual, bersahaja, pedas, hangat, etnis.Contoh populer: The oranye dinamis Sunkist kaleng minuman ringan Orange.
3.      Merah: Perhatian-menuntut, energik, menarik, berani, panas, agresif,
dinamis, berapi-api, intens, bergairah, seksi, berdarah, peringatan, marah, sombong. Itu sebagian besar perhatian pengumpulan-warna. Ketika diperdalam untuk warna dan nada: yang kaya, subur, elegan, halus. Ketika meringankan untuk pink: mengejutkan, energik, muda, trendi, bersemangat, yg bertingkah aneh. Ketika meringankan untuk pucat merah muda: romantis, lembut, femi-sembilan, manis, sentimental, lembut, halus. Populer contoh: energi merah Coke logo dan suasana feminin Victoria Secret.
4.      Purple: yang kaya, elegan, kreatif, spiritual, percaya diri, eksentrik, sensual, berani, futuristik. Ketika diperdalam untuk lebih gelap ungu: agung, megah. Ketika meringankan untuk lavender: lembut, manis, sopan, nostalgia, halus. Bila berwarna abu-abu untuk nada: canggih, halus. Populer contoh: nuansa megah tradisional ungu jubah royalti.
5.      Biru: tenang, tenang, damai, meditatif, tenang, dapat diandalkan, tradisional, bersih, segar, dingin, es, mengacu ke langit dan air, ilahi, dingin, sedih. Ketika diperdalam untuk gelap biru: kuat, otoriter, kredibel. Ketika meringankan blues pucat: lembut, tenang. Ketika diwarnai dengan hijau (seperti teal): yang kaya, unik, kelas atas, menarik bagi kedua jenis kelamin. Ketika diwarnai dengan ungu (periwinkle): hangat, trendi, energik. Populer Contoh: keandalan tersirat oleh "Big Blue" IBM skema warna.
6.      Hijau: alami, segar, bersih, sehat, penuh harapan, muda, melimpah, kelahiran kembali, musim semi, menenangkan, dingin, bersih, yg berhubung dgn hutan. Ketika diperdalam ke hijau gelap: kekayaan, keamanan, keselamatan, prestise, aman, aman, megah. Ketika meringankan untuk pucat hijau: tenang, menenangkan. Populer contoh: hijau Kelly yang mewakili Republik Irlandia atau kemasan hijau sehat makanan Green Giant.
7.      Brown: tahan lama, bersahaja, pedesaan, organik, sehat, etnis, substansial, padat, waktu-kurang, handal, stabil, kuno, permanen, menjemukan, kotor. Ketika meringankan untuk tans dan beige: batu, pasir, alami, klasik.
8.      Putih: murni, bersih, suci, murni, polos, cerdas, kejelasan, higienis, sehat, mencolok, minimalis, dingin. Ketika diperdalam untuk off-putih: hangat, ramah, tenang. Contoh yang populer: putih adalah warna gaun pengantin dan "pahlawan pada kuda putih "dalam budaya Barat.
9.      Hitam: kecanggihan, keanggunan, chic, dramatis, misterius, kuat, bergaya, murung, menyenangkan, firasat, kematian, depresi, putus asa, ketakutan. Populer contoh: Hitam elegan dari logo Chanel atau tuksedo pria. Fully-jenuh warna menggambarkan suasana hati yang jelas, kuat, atau kekanak-kanakan.
a.      Proporsi Warna
Ketika mengulangi warna seluruh situs, Anda tidak harus menggunakan jumlah yang sama setiap warna. Dalam skema tiga-warna, misalnya, menggunakan 33% dari setiap warna pada halaman akan mengarah ke halaman membosankan tanpa focal point. Sebaliknya, Anda dapat menggunakan satu warna untuk latar belakang halaman (mungkin 60% dari warna pada halaman), warna lain untuk elemen seperti header atau grafis yang membutuhkan sejumlah penekanan (mungkin 30% dari halaman), dan cadangan warna-biasanya ketiga yang paling mencolok untuk item-
bahwa Anda ingin memberikan penekanan yang paling, seperti "Sale Today!" Pengumuman.
Memikirkan pilihan warna sebagai proporsional dengan warna dalam pakaian bisnis pria: 60%, biasanya cukup halus, adalah dalam setelan itu sendiri. 30% dari warna, biasanya terang bit, dalam kemeja, dan 10%, biasanya warna yang paling jelas, adalah dasi. Singkatnya, aksen dasi cerah, namun tidak membanjiri, sisa dari keseluruhan gambar.


b.      Skema Warna
Beberapa kombinasi warna diprediksi biasanya berhasil. Kami akan melihat yang paling umum: monokromatik, komplementer, triad, analog, hangat, dan sejuk. Semua ini didasarkan pada roda warna tradisional dibahas sebelumnya dalam bab ini. Ini kami pekerjaan sebagai desainer untuk menerjemahkan skema warna tradisional untuk roda warna RGB.
c.       Monokromatik Skema Warna
Sebuah skema warna monokromatik, yang mempekerjakan tints dan nuansa rona tunggal, adalah salah satu yang termudah bagi desainer untuk mulai bekerja dengan efektif. Skema warna monokromatik cenderung bersatu, harmonis, dan profesional. Di sisi lain, mereka dapat menjadi pemikiran yang membosankan bila digunakan buruk.
d.      Pelengkap Skema Warna
Sebuah skema warna komplementer menggunakan dua warna yang berlawanan satu sama lain di sekitar kondisional warna. GAMBAR 5.34 menunjukkan beberapa skema warna komplementer diekstrak dari roda warna serta situs web dunia nyata yang efektif menggunakan warna komplementer biru dan oranye. Fully-jenuh menciptakan komplementer warna, semangat paling menggelegar, dan menarik perhatian dari skema warna, mengkreasikan ketegangan dan ilusi gerakan, mengapa skema pelengkap sering digunakan untuk warna tim.
e.       Triad Skema Warna
Sebuah warna triad skema, menggunakan spasi tiga warna merata sekitar roda warna tradisional. Skema Triad dapat berani dan bersemangat, tetapi pada saat yang sama gemuruh, meskipun tidak cukup pada tingkat yang sama sebagai pelengkap skema warna. Tiga serangkai Skema yang paling banyak digunakan tiga warna utama tradisional, merah, biru, dan kuning.
f.       Analog Skema Warna
Sebuah analog skema warna, bergantung pada beberapa sifat warna seseorang satu sama lain pada roda warna. Pikirkan warna jeruk kuning, oranye, dan hijau, atau warna hangat kuning, oranye, dan merah, atau berbagai warna biru dan hijau. Biasanya harmonis, gaya, dan menyenangkan. Analog skema warna adalah yang paling mudah dari skema untuk menarik off berhasil.
g.      Skema Warna Panas
Sebuah skema warna hangat adalah varian analog berdasarkan kuning, orange, dan merah, seperti yang ditunjukkan dalam roda warna di GAMBAR 5.37. Warna hangat ini, nyaman, dan mengundang hangat warna muncul untuk menunjukan, mereka tampaknya lebih dekat dengan penonton.
h.      Skema Warna Sejuk
Skema warna sejuk adalah varian lain analog, berdasarkan ungu, biru, dan hijau, seperti digambarkan dalam GAMBAR 5.38. Warna dingin tampaknya surut dari penampil, muncul lebih jauh. Persepsi jarak adalah hasil dari alam bawah sadar kita. Pengalaman dalam melihat benda jauh-jauh, seperti gunung yang jauh, melalui kebiruan kabut atmosfer. Warna dingin biasanya dianggap sebagai licin, sophisti-berdedikasi, dan profesional. Karena itu masuk akal bisnis yang baik bahwa begitu banyak corporations menggunakan variasi biru untuk merek mereka. Perhatikan bahwa warna batas kuning-hijau dan merah keunguan dapat berupa hangat atau dingin, karena mereka berbaur dengan baik dengan kedua skema.
i.        Inspirasi untuk Skema Warna
Perhatikan tren warna dalam mode dan dekorasi rumah, karena warna-warna yang panas di daerah tersebut saat ini akan panas di situs web besok. Pada tulisan ini, bersahaja nada seperti cokelat dan orange telah kembali setelah puluhan tahun diejek sebagai pase peninggalan dari tahun 1970-an. Bahkan, majalah rumah baru-baru ini dikutip dekorasi beberapa desainer interior yang mengatakan bahwa "coklat adalah hitam baru." Shades of abu-abu juga tampaknya akan menggantikan hitam sebagai netral pilihan di web, khususnya di highend situs web pasar, seperti Chanel dan Mercedes. Situs-situs tersebut seringkali rendered terutama di grayscale, dengan hanya beberapa baik ditempatkan tembakan warna.
Untuk ide menarik skema warna, hanya melihat-lihat. Inspirasi bisa datang dari lokasi mungkin:
1)      Sebuah mug sweater atau kopi favorit.
2)      Iklan di TV.
3)      Membuka kredit film.
4)      Katalog, iklan, dan fashion dan majalah dekorasi.
5)      Menampilkan dalam hadiah, rumah, dan toko-toko fashion. Berjalan ke setiap Crate & Barrel di Amerika Serikat untuk melihat warna trendi dalam desain saat ini.
6)      Cat sampel dan brosur dari palet cat dan toko-toko dekorasi.
7)      Kain di toko-toko dekorasi.
8)      Referensi buku bagi para seniman.
9)      Sebuah kotak Krayon Crayola.
j.        Warna Kontras
Kontras adalah tingkat perbedaan antara atribut berbagai warna. Sebagai mana telah disebutkan dalam Bab 4, kontras digunakan untuk menekankan beberapa item, sementara juga mempertegas yang lain. Kita dapat menggunakan atribut  warna sebagai mana dibahas sebelumnya dalam Bab 4 untuk membuat kontras:
1)      Hue: warna komplementer, seperti biru dan oranye, memiliki kontras terbesar.
2)      Nilai: warna rendah kontras dengan warna-warna gelap, seperti lavender pucat dibandingkan ungu tua.
3)      Saturation: warna jenuh sangat kontras dengan warna saturasi rendah, seperti hijau terang dengan hijau hutan gelap.
4)      Suhu: warna hangat (kuning, oranye, merah) kontras dengan warna sejuk (Ungu, biru, hijau).
Kedua kontras yang sangat tinggi dan halaman kontras yang sangat rendah dapat menantang untuk membaca. Pikirkan kontras tinggi dari merah pada hijau, atau kontras rendah dari kuning pada putih, dan Anda bisa membayangkan kesulitan. Kontras adalah alat bagus untuk menonjolkan beberapa elemen, sementara menekankan yang lain. Misalnya, menggunakan warna gelap untuk sebagian besar halaman, sementara menggunakan hidup oranye untuk judul, yang mana menekankan judul. Digunakan keras, kontras dapat menjadi sangat efektif sebagai sarana bermain di daerah yang kita pilih untuk menekankan. Digunakan bijaksana, kontras hanya melayani untuk memperhatikan unsur-unsur yang salah.
Menempatkan kontras warna tinggi bersebelah satu sama lain memperbesar persepsi kontras. Sebaliknya, menempatkan warna yang kuat di samping warna yang lebih lembut, seperti bola merah di latar belakang kuning, membuat warna yang kuat tampak kuat dan warna lembut tampak lebih halus. Menempatkan warna sangat jenuh seperti ini merah pemadam kebakaran di samping nada diredam seperti abu-abu membuat merah tampak sangat jelas bahwa hampir berkilau. Menempatkan merah pada putih tampaknya tidak mempengaruhi banyak warna merah, tapi putih mengambil cast merah muda. Merah dan hijau, warna komplementer, membuat ketegangan yang membuat merah tampak entah merah. Merah pada hitam tampaknya juga membuat tampilan merah, merah, tapi tanpa tingkat ketegangan yang sama. Skema kontras tinggi seperti ini memiliki ketajaman "tepi" antara warna, yang menciptakan ketegangan, kegembiraan, dan drama. Di sisi lain, merah terlihat paling tenang ketika ditempatkan pada warna yang sama seperti pink atau oranye. Kombinasi kontras rendah seperti ini memiliki tepi lembut dan tampaknya tenang, menenangkan, dan bahkan elegan. Dalam kasus apapun, tingkat kontras antara warna tentu mempengaruhi keseluruhan
suasana sebuah situs.
k.      Latar Belakang Warna
Kita hanya melihat, kita perlu memiliki kontras nilai yang cukup antara latar depan dan latar belakang. Desainer untuk media cetak selalu bersikeras bahwa lebih mudah untuk dibaca teks gelap di latar belakang terang, adalah cara yang paling murah untuk mencetak. Dalam kasus apapun, banyak desainer membawa bahwa prasangka gelap menghidupkan cahaya untuk web, dan percaya bahwa latar belakang gelap harus dihindari. Bukti anekdok menunjukkan bahwa pemirsa yang lebih tua khususnya lebih cenderung untuk tidak menyukai latar belakang gelap karena,latar belakang hitam telah digunakan secara berlebihan, sering dalam situs web amatir.
Para desainer merasa bahwa web merupakan media yang sama sekali berbeda dari cetak, dan teks berwarna terang bersinar dari dalam latar belakang gelap dapat sebagai dramatis serta mudah pada mata. Dengan berbagai latar belakang gelap, meskipun, teks harus dari yang cukup berat, ukuran, dan nilai yang muncul secara efektif pada latar belakang gelap. Juga, warna default untuk link  harus diubah, karena mereka dimaksudkan untuk cahaya latar belakang, bukan yang gelap. Kita telah melihat bagaimana warna yang berdekatan kontras mempengaruhi cara "Membaca."


l.        Warna-Warna Tautan
Standar warna link ditetapkan oleh browser pemirsa, biasanya biru untuk link yang belum dikunjungi, merah untuk link aktif, dan ungu untuk link yang dikunjungi. Warna-warna ini jelas berbenturan dengan skema warna yang kita mungkin ingin menggunakan. Misalnya, mereka akan terlihat mengganggu
norak pada halaman cokelat halus dan warna tanah emas. Kita bisa, gunakan CSS mengubah default warna link kita.
m.    Mencetak Bahan
Bagaimana jika pemirsa ingin mencetak halaman Anda? Dan ia memiliki printer warna, baik. Beberapa warna Anda dengan hati-hati mungkin dipilih dan menghilang  pada halaman grayscale ketika dicetak. Agar tidak hilang, ada beberapa pilihan:
1)      Tweak warna tidak sampai. Jika nilai-nilai latar depan dan latar belakang memberikan cukup kontras (sebagaimana mestinya dalam keadaan apapun), halaman harus biasanya diterjemahkan dengan baik ke grayscale.
2)      Menyediakan ke link, versi terpisah "printer-friendly" halaman, biasanya konten hitam pada latar belakang halaman putih, dengan grafis minimal.
3)      Link ke file, terpisah CSS eksternal dengan media atribut diatur untuk mencetak. Sekali lagi, menggunakan konten hitam pada latar belakang halaman putih.
D.    Warna dan Aksesibilitas
10% dari penduduk laki-laki buta warna. Ada berbagai bentuk buta warna-ness: merah-hijau, hijau-coklat, dan sebagainya. Kita tidak mungkin menghindari semua warna yang bisa disalahartikan oleh semua pengunjung dengan gangguan penglihatan warna. Meskipun demikian, itu cukup mudah untuk memastikan halaman kita terbaca kepada siapa pun dengan warna penglihatan. Dimana, harus ada cukup nilai kontras antara latar depan dan warna latar belakang sehingga rona itu sendiri tidak relevan untuk keterbacaan.
Modus grayscale dapat menunjukkan apakah atau tidak ada nilai cukup kontras jika informasi warna dihapus. SIA toolbar disebutkan sebelumnya memungkinkan melihat halaman warna dalam modus grayscale, karena satu atau beberapa gangguan penglihatan warna mungkin melihatnya. Selain memperhatikan perbedaan nilai, kita juga harus memastikan bahwa warna saja tidak pernah satu-satunya petunjuk untuk makna. Misalnya, sinyal lalu lintas masih dilihat dengan gangguan warna karena lampu merah dan hijau selalu dalam posisi yang sama. Salah satu daerah yang kita harus sangat berhati-hati adalah navigasi Link. Jika warna adalah isyarat hanya untuk membedakan link dari teks normal, maka warna bagi pengunjung buta mungkin tidak dapat membedakan link dari teks biasa. Oleh karena itu, kita juga perlu memastikan untuk menggunakan affordances lain pada link, seperti garis bawah, tebal, atau miring.
E.     Kesimpulan
Warna kuat, membangkitkan mood dan suasana langsung. Warna di web lebih murah untuk digunakan dibandingkan warna dicetak, meskipun ada kesulitan teknis segudang, kita harus mengatasi jika halaman web mereka menampilkan sebagaimana dimaksud. Meskipun demikian, bekerja dengan warna dapat menjadi salah satu aspek yang lebih kreatif dan memuaskan pengguna dari merancang antarmuka.
Jangan takut untuk bermain dengan warna. Setelah semua, warna pada media digital dapat diubah dengan  cuma-cuma jika Anda tidak menyukai mereka. Gunakan warna dalam cara yang tak terduga dan Anda hanya mungkin mendapatkan hasil yang tak terduga.



1 komentar: