COLOR (WARNA)
Warna telah digunakan sebagai alat komunikasi selama berabad-abad. Dalam dunia cetak, warna tentu saja telah memberikan manfaat yang tak ternilai dan berlimpah, tetapi, sayangnya, juga mahal dan tidak fleksibel (sekali dicetak). Dengan demikian, warna web memiliki keuntungan cetak yang berbeda atas warna, karena warna web adalah gratis. Selain itu, desainer web bisa memodifikasi skema warna lengkap dengan mudah dan cuma-cuma, tanpa memperhatikan biaya. Namun, menggunakan warna web secara efektif dapat menantang. Mood yang ditimbulkan oleh Skema warna dipengaruhi oleh:
Ø
Umumnya diterima efek psikologis. Misalnya, kuning biasanya dilihat
sebagai warna bahagia, sementara merah dianggap energi.
sebagai warna bahagia, sementara merah dianggap energi.
Ø
Selera individu, berdasarkan respon emosional yang
kompleks, bukan logika. Misalnya, beberapa orang merasa hitam adalah
menyedihkan, sementara yang lain melihatnya sebagai dramatis.
Ø
Usia. Anak-anak dan remaja sering
memiliki selera warna yang sangat berbeda dari orang tua mereka.
Ø
Gender. Secara keseluruhan, pria dan
wanita biasanya lebih memilih warna yang sangat berbeda.
Ø
Budaya: Budaya yang berbeda dari seluruh
dunia sering memiliki warna yang sangat berbeda estetika dan kebiasaan sosial
dan adat istiadat yang berhubungan dengan warna tertentu.
A.
Teori Warna
Pertama-tama kita harus memahami berabad-abad teori warna
tradisional sebelum kita dapat memahami di bawah bagaimana menerjemahkan
pengetahuan itu untuk manipulasi warna pada model perangkat, layar komputer.
1.
The Color Wheel
Sebuah roda warna grafis mewakili hubungan antara warna.
Tiga jari-jari utama dari roda warna tradisional adalah warna primer: merah,
kuning, dan biru, seperti yang ditunjukkan pada GAMBAR 5.1.
Setiap warna pelangi dapat dibuat dengan mencampur beberapa
kombinasi dari tiga warna primer ditambah hitam dan putih. Pencampuran
warna primer yang berdekatan menghasilkan warna sekunder, sehingga campuran kuning dengan warna merah menghasilkan oranye, biru
dicampur dengan kuning menghasilkan hijau, dan
merah dicampur dengan biru
menghasilkan ungu (GAMBAR 5.2).
GAMBAR 5.3 menggambarkan bagaimana pencampuran yang
berdekatan sekunder dan primer warna menghasilkan warna tersier; kuning
dicampur dengan oranye menghasilkan kuning-oranye, oranye dicampur dengan warna
merah menghasilkan merah-oranye, dan sebagainya.
Memadukan
semua primer, semua
sekunder, atau semua warna tersier menghasilkan warna hitam kecoklatan yang sangat gelap, seperti yang ditunjukkan pada
GAMBAR 5.4.Warna
netral yang benar adalah warna
hitam, putih, dan berbagai abu-abu. Hitam
dan putih tidak dapat diperoleh dengan
mencampur warna lain, namun Anda
dapat memperoleh abu-abu dengan
mencampur hitam dengan putih.
Anda juga dapat memperoleh abu-abu dengan mencampur warna yang berlawanan pada
roda warna, disebut warna
komplementer, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 5.4.
2.
Atribut Warna
Warna memiliki empat atribut khusus: hue, saturation, nilai, dan suhu.
a) Hue (atau kroma) adalah istilah teknis
untuk warna tertentu, seperti biru, hijau, atau hijau kebiru. Setiap wedges
terpisah di roda warna adalah warna yang berbeda. Warna dapat dicampur bersama-sama
untuk mendapatkan warna lain, seperti merah dan kuning dapat dicampur untuk
mendapatkan oranye.
b) Nilai
mengacu pada terang atau gelap dari
warna. Pencampuran putih dengan rona menghasilkan warna, sementara pencampuran
hitam dengan rona yang menghasilkan teduh. GAMBAR 5.5 menunjukkan pencampuran
murni merah dengan putih untuk membentuk warna merah muda, dan merah
pencampuran dengan warna hitam untuk membentuk warna merah anggur.
Perlu
diingat bahwa warna dari satu rona relatif ringan, seperti kuning, juga bisa
memiliki nilai yang lebih ringan dari warna lain yang relatif gelap, seperti
ungu. Tints seperti merah muda pada Gambar 5.5 dikatakan tinggi kunci, yaitu hanyalah
cara lain untuk mengatakan mereka adalah terang di nilai. Nuansa seperti merah
anggur di angka yang rendah, atau gelap nilai.
c) Kejenuhan
atau saturasi mengacu pada tingkat
kemurnian atau intensitas sebuah warna. Sebuah rona
penuh-jenuh salah
satu yang belum dicampur dengan hitam, putih, abu-abu,
atau warna yang
saling melengkapi warna tersebut,
karena salah satu dari warna-warna
tersebut perlu penambahan saturasi
warna. Api mesin
merah, Kelly hijau,
dan biru kobalt warna
penuh-jenuh, seperti
yang ditunjukkan pada GAMBAR 5.6.
Cara
lain untuk mengurangi kejenuhan rona adalah untuk mencampurnya dengan abu-abu
atau dengan kecil jumlah warna komplementer rona itu. Lihat GAMBAR 5.7 untuk
contoh nada serupa merah diciptakan dalam dua cara terpisah.
Warna
kurang jenuh, seperti nada dan nuansa, secara definisi kurang intens, yang bermanfaat
bila Anda mencari warna-warna elegan,
warna-warna tanah, atau kaya. Di sisi lain, mereka
juga bisa tampil menjemukan,
kusam, atau kumuh.
Itu tidak berarti bahwa kumuh adalah hal
yang buruk, itu semua tergantung pada
suasana hati Anda ingin
membangkitkan.
d) Suhu
warna mengacu pada apakah warna
"terasa" hangat atau dingin. hangat warna didasarkan pada kuning,
oranye, dan merah, sedangkan warna dingin didasarkan pada ungu, biru, dan hijau.
GAMBAR 5.8 mengidentifikasi warna-warna hangat dan sejuk.
3.
Mode Warna Subtraktif : Cahaya
Tercermin
Warna yang dihasilkan oleh gelombang cahaya. Seberkas cahaya
putih sebenarnya terdiri dari semua warna dari spektrum yang terlihat. Jika
seperti seberkas cahaya bersinar melalui prisma, ia terbagi menjadi gelombang
individu, sehingga kita melihat pelangi seluruh warna. Di sisi lain, ketika
sejumlah berkas cahaya putih menyerang obyek, obyek menyerap beberapa gelombang
warna sementara mencerminkan lain. Warna yang kita lihat adalah bahwa permukaan
mencerminkan warna. Sebagai contoh, ketika kita melihat bunga matahari kuning,
semua warna dari spektrum cahaya yang diserap oleh bunga matahari kecuali untuk
warna kuning, tercermin dan dengan demikian yang dirasakan oleh mata kita.
Sistem warna disebut warna subtraktif modus, karena warna-warna yang diserap
oleh objek dikurangi dari warna-warna yang dapat kita lihat. Mode warna
subtraktif adalah apa yang terjadi ketika kita melihat benda yang tidak
memproyeksikan cahaya sendiri, dan itu adalah dasar di atasnya yang bersandar teori
warna tradisional (dan seni tradisional).
4.
Mode
Warna Aditif :
Cahaya Proyeksi
Warna
web bekerja cukup
berbeda. Alih-alih menggunakan cahaya
yang dipantulkan, monitor komputer menggunakan
cahaya diproyeksikan, sebanyak
matahari, bola lampu, dan penggunaan layar
televisi (atau hanya yang) diproyeksikan cahaya.
Di sini, kita melihat seberkas cahaya, sehingga kita melihat gelombang cahaya dikombinasikan
daripada dipisahkan. Misalnya, piksel putih
pada layar adalah sebenarnya gabungan semua gelombang warna yang tersedia. (Ingat prisma?) Ini sistem
warna, kemudian, disebut mode warna aditif, karena
semua warna ditambahkan bersama-sama untuk menghasilkan warna yang kita lihat. Karena
aditif (web-based)
warna diproduksi oleh
cahaya diproyeksikan dari permainan
komputer fosfor,
gelombang cahaya dicampur bersama tanpa kekhawatiran tentang apa permukaan menyerap,
mungkin tidak ada permukaan untuk
melakukan penyerapan.
Perancang
web mencampurkan cahaya
daripada pigmen. Seperti
yang akan segera kita lihat, banyak
dari yang kita ketahui tentang tradisional
teori warna terbalik dengan warna pencampuran aditif untuk menampilkan komputer. Pixel adalah satu
titik warna pada layar, terdiri dari campuran berbagai
dari fosfor merah,
biru, dan hijau, disebut sebagai sistem
warna RGB, karena
sekarang warna primer merah,
hijau, dan biru.
Gambar
5.9, 5.10, dan
5.11 menyajikan warna RGB primer, sekunder, dan
tersier masing-masing. Warna mirip dengan roda warna tradisional yang diwakili, tetapi mereka diperoleh dengan cara yang berbeda. Misalnya, warna sekunder sekarang
kuning, magenta, dan
cyan.
5.
Palette Web dengan Aman
Ada palet (koleksi warna yang
tersedia) dari 216 warna yang setidaknya agak diprediksi melintasi berbagai
hardware dan platform perangkat lunak. Disebut web-safe palet (atau,
sebelumnya, palet safety), warna-warna ini diakui secara universal oleh semua
browser dan sistem (baik, kecuali sistem yang benar-benar kuno, dan sebagainya).
Meskipun warna tidak muncul persis sama pada semua sistem karena keanehan monitor
yang berbeda, mereka setidaknya diakui jelas oleh semua sistem.
Web-safe warna yang dipilih secara matematis, bukan karena mereka selalu memilih warna yang paling sering akan Anda gunakan. Kode RGB untuk web-aman warna yang dibuat up dari nol digit ditambah digit hex lain yang merupakan kelipatan dari tiga: 3, 6, 9, C (12), dan F (15). (Tolong jangan tanya mengapa mereka berada dalam kelipatan tiga). Selain itu, angka yang selalu digunakan dalam pasangan yang sama. Misalnya:
Web-safe warna yang dipilih secara matematis, bukan karena mereka selalu memilih warna yang paling sering akan Anda gunakan. Kode RGB untuk web-aman warna yang dibuat up dari nol digit ditambah digit hex lain yang merupakan kelipatan dari tiga: 3, 6, 9, C (12), dan F (15). (Tolong jangan tanya mengapa mereka berada dalam kelipatan tiga). Selain itu, angka yang selalu digunakan dalam pasangan yang sama. Misalnya:
■ # 3366FF adalah web-aman, karena terdiri dari pasangan
digit identik, semua kelipatan dari tiga.
■ # 2255AA tidak web-aman karena angka tidak kelipatan tiga.
■ # 3693CF tidak web-aman karena digit, meskipun kelipatan
tiga, tidak dipasangkan identik.
Setiap langkah dalam pasangan nomor diperbolehkan, seperti
33-66, merupakan 20% peningkatan saturasi warna untuk itu. GAMBAR 5.13 menyajikan
beberapa contoh web-warna yang aman.
Kami akan melihat palet web-aman
keseluruhan, dalam beberapa inkarnasi, di bagian berikutnya. Banyak
warna memiliki nama serta kode hex. Misalnya, Anda bisa mengatakan "Warna:
merah "dalam CSS Anda. Halangan adalah bahwa hanya sepuluh nama-nama warna
menerjemahkan warna untuk kode tepat yang sama di semua browser. Anda akan
berpikir sesuatu sebagai "red" yang terus menerus harus selalu menerjemahkan
ke # FF0000, tapi sayangnya, belum tentu benar. Misalnya, nama warna
"coklat" diterjemahkan ke # A52A2A di Navigator 7.2 dan # 993.333 di Internet
Explorer 6. Meskipun versi baru Internet
Explorer dan Firefox lebih konsisten satu sama lain, itu masih aman untuk menggunakan
kode hex, bukan nama. Hampir semua program grafis dan lingkungan pengembangan
web menyediakan versi mereka sendiri palet web-aman. Sayangnya, palet web-aman
adalah sangat terbatas
Dithering bolak
pixel dari dua warna yang berbeda dengan maksud menipu mata kita dalam mengamati
perantara, ketiga warna-yaitu, pada dasarnya, dengan berpura-pura. GAMBAR 5.14
memberi Anda perbandingan visual warna ragu-ragu dan non-ragu-ragu. Dithering di
layar komputer bekerja dalam banyak cara yang sama bahwa campuran mata individu
frame dari sebuah buku flip-untuk mensimulasikan apa yang kita rasakan sebagai "gerakan"
halus.
Meskipun
mata kita melakukan fungsi pencampuran otomatis, tampilan kasar dari dithering
masih bisa terlihat dan mengganggu, terutama di daerah besar warna apa yang
harus solid. Meskipun dithering tidak selalu buruk (kadang-kadang kita bahkan
mungkin melakukannya dengan sengaja untuk efek khusus), sebagian besar warna
solid lebih baik terhadap warna ragu-ragu.
6.
Pengolahan
Warna pada Sistem Berbeda
Sistem
yang berbeda tidak dapat diandalkan untuk menampilkan semua warna dengan cara
yang sama. Sistem kombinasi operasi sistem tertentu (Mac atau Windows),
browser, monitor, dan kartu video semua memiliki efek pada output warna. Ini
banyak seperti melihat deretan dif-model beda dari TV di sebuah toko alat,
masing-masing membuat warna sedikit berbeda. Karena itu, warna yang berakhir
menampilkan pada sistem pengunjung dapat bervariasi dari warna yang menampilkan
pada sistem Anda, bahkan jika dua warna menggunakan RGB yang sama kode warna.
Misalnya, # 999.966 gudang terlihat merah pada beberapa sistem dan raspberry
pada lain, sebuah varian yang kebanyakan desainer akan mempertimbangkan untuk
menjadi, baik, signifikan.
Secara
khusus, LCD (Liquid Crystal Display datar) layar biasanya memiliki lebih terang
dan lebih jenuh palet dibandingkan monitor CRT. Selain itu, sudut pandang Layar
LCD mengubah cara warna muncul. Jika Anda sedang merancang pada layar LCD, itu
mutlak penting bahwa Anda memeriksa warna pada monitor CRT awal dalam proses
desain. Faktor lain yang mempengaruhi warna pada layar adalah sistem gamma,
mengukur dari terang atau gelap tampilan suatu sistem. Gamma berukuran rendah,
yang lebih ringan dan warna terlihat cerah. Komputer Macintosh memiliki default
gamma dari 1,8, sedangkan Windows sistem memiliki gamma sekitar 2,2 (dengan
asumsi bahwa Pengunjung belum tweak pengaturan pada layar, sesuatu yang kita
sayangnya tidak bisa kontrol). Hasilnya adalah bahwa jika Anda merancang pada
Mac, warna akan tserlihat lebih gelap dan suram ketika ditampilkan pada mesin
Windows. Tentu saja, sebaliknya juga benar; halaman yang dibuat pada PC Windows
terlihat jauh lebih ringan dan lebih cerah pada Mac.
B.
Mendefinisikan Warna untuk Web
Kesbanyakan
media cetak seniman yang bekerja dengan warna subtraktif menemukan warna
pencampuran menjadi intuitif, mereka tidak perlu untuk melakukan riset
bagaimana mencampur cat oranye, karena, misalnya, oranye benar-benar terlihat
seperti itu harus (dan sebenarnya) kombinasi merah dan kuning. Sebaliknya, web
pencampuran warna sering tidak intuitif, kuning tentu bukan kombinasi hijau dan
merah tampaknya. Karena seniman web sangat bergantun pada pemilihan dari palet
standar yang dibangun ke dalam perangkat lunak. Kami akan meninjaunya, namun,
seperti yang akan kita lihat nanti dalam bagian ini, kita tidak perlu dibatasi
oleh ketersediaan palet jika kita tahu bagaimana untuk atau mencampur sampel warna
pada layar.
1.
Memilih Standar Warna dari Palet
Palet warna kebanyakan disediakan dalam grafis dan perangkat
lunak pengembangan web yang dibatasi dalam jumlah kecil, karena tidak mungkin
untuk menampilkan semua warna 16,8 juta pos-jawab pada layar pada saat yang
sama, bahkan jika palet yang digunakan hanya satu pixel per hue. Seringkali,
kita menggunakan web-aman palet sebagai titik lompatan terakhir, tweaking warna
dari sana, hanya karena mereka adalah seperangkat pengelola dan perwakilan dari
warna. Mari kita lihat pada palet dalam Adobe Creative Suite untuk melihat apa
yang tersedia. Web-safe Warna Cubes Palette di GAMBAR 5.16 canggung untuk
digunakan karena secara fisik memisahkan warna terkait. Misalnya, warna yang
muncul menjadi versi kuning di tiga wilayah kubus yang berbeda dari palet, yang
membuatnya sulit untuk memilih dua atau tiga harmonis variasi sebuah rona.
2.
Sampling
Warna
Banyak
pengembangan lingkungan dan paket pengeditan gambar menawarkan alat pipet / color
picker. Jika alat ini dipilih dan warna pindah pada layar komputer,
"sampel" warna dan memberikan kode warna HTML. Seringkali, alat penetes
mata bekerja bahkan jika itu pindah dari jendela asli, yaitu, ke komputer
desktop atau jendela aplikasi lain yang terbuka. Misalnya, alat pipet dalam
Fireworks dapat dipindahkan off dari jendela Fireworks ke jendela independen,
seperti jendela browser, memungkinkan Anda untuk menentukan dan menyalin kode
warna dari setiap situs web. Proses pengambilan langkah lebih lanjut, Anda
dapat mengungkapkan kode warna dari hampir semua objek yang akan cocok di
tempat tidur scanner Anda, baik itu kain, iklan majalah, atau daun musim gugur.
Proses ini sama, Anda pertama kali memindai objek, dan kemudian Anda dapat
mencicipi itu.
3.
Pencampuran
Warna
Manual
Seperti
yang telah kita lihat, palet adalah kenyamanan,
tetapi mereka tidak datang dekat dengan
menekan kekuatan 16,8
juta warna yang tersedia bagi
kita. Untuk itu, kita perlu
untuk mencampur warna manual. Untuk setiap jenis
warna yang akan kita bahas, kita akan melihat tiga teknik pencampuran :
■
Memanipulasi kode warna RGB matematis (spin baru pada "Cat-by-angka").
■
Menggunakan gradien warna (campuran bertahap
dari satu warna ke yang lain).
■
Menggunakan overlay warna semi-transparan.
Seperti
yang kita memanipulasi kode warna, ingat bahwa # FFFFFF adalah putih dan # 000000
adalah hitam. Ini masuk akal, kemudian, bahwa
untuk membuat warna lebih ringan
dalam nilai, kita "tambahkan" putih; yaitu, digit dalam kode
mendapatkan lebih besar, mendekati # FFFFFF.
Melihat # CAF0E6,
kita mungkin menebak bahwa itu adalah warna yang
cukup terang. Untuk membuat gelap warnanya, kita "tambahkan" hitam, nomor semakin
kecil sampai mereka mendekati
# 000000 (sekali lagi, kode untuk hitam). Dengan demikian, # 30421A adalah warna yang cukup gelap.
# 000000 (sekali lagi, kode untuk hitam). Dengan demikian, # 30421A adalah warna yang cukup gelap.
Cara
cepat berikutnya untuk menggunakan
teknik matematika adalah dengan menggunakan palet standar pertama untuk mendapatkan dasar warna yang dekat
dengan apa yang Anda inginkan,
dan kemudian pergi untuk men-tweak warna matematis berakhir
dengan tepat yang Anda butuhkan.
4.
Pencampuran
Warna Netral
Netral
benar berwarna putih, hitam, abu-abu dan
variasi, dan memiliki kode
RGB warna yang terdiri
dari tiga pasang hex
yang sama, seperti yang ditunjukkan pada
GAMBAR 5.21. Setiap
kode warna yang terdiri dari tiga pasang yang
sama, seperti # D3D3D3 atau # 999999, menghasilkan beberapa
versi abu-abu di layar. Semakin tinggi angka dalam kode,
yang lebih ringan abu-abu, karena, seperti yang telah kita lihat, kode-kode
untuk mendekati putih. Sebaliknya, semakin rendah angka, gelap abu-abu. Dengan
demikian, kode warna # CACACA adalah jauh lebih ringan daripada abu-abu #
4F4F4F.
Kita juga bisa menggunakan paket grafis untuk membuat bentuk
dan mengisinya dengan gradien yang nuansa putih dari satu sisi menjadi hitam di
sisi lain, sehingga tak terbatas spectrum abu-abu di sepanjang gradien. GAMBAR
5.22 menunjukkan seperti gradien.
Gunakan pipet / color picker alat paket pengedit gambar
untuk memilih warna dari sepanjang gradien. Jika Anda perlu web-aman warna,
mengubah kode hex yang dihasilkan untuk "snap" itu sampai abu-abu
web-aman terdekat.
5.
Pencampuran Tints
Untuk membuat tints dari warna
menggunakan teknik matematika, memilih warna dasar seperti # 00FFFF (maksimum
saturasi cyan) dan mengubah kode matematis sehingga mendekati putih. Untuk
melakukan itu, tambahkan jumlah semakin besar namun sama dari hex lainnya Pasangan
(s): # 00FFFF> # 33FFFF> # 66FFFF> # 99FFFF> # CCFFFF, sebagai ilustrasi
di GAMBAR 5.23.
Cara lain untuk mencampur warna adalah dengan
menggunakan paket grafis untuk membuat bentuk dan mengisinya dengan gradien
yang nuansa dari warna asli pada satu sisi menjadi putih di sisi lain. Cara
terakhir untuk mencampur warna adalah untuk lapisan bentuk semi-transparan
putih atas asli warna dasar. Untuk melakukan hal ini dengan warna cyan:
1. Buat bentuk diisi dengan cyan.
2. Overlay bentuk asli dengan mengisi salinan yang memiliki
putih dan perantara transparansi nilai, seperti 50%. Tweak persentase
transparansi overlay sampai Anda mendapatkan warna yang tepat yang Anda
butuhkan.
6.
Pencampuran Shades
Untuk menghasilkan nuansa warna
dengan mengubah kode hex matematis, progresif-sively mengurangi pasangan hex
(s) untuk rona dasar sampai warnanya mendekati hitam, seperti ditunjukkan
dalam GAMBAR 5.25.
Di sini, pasangan cyan pertama kali dikurangi menjadi CCCC,
kemudian 9999,dan sebagainya, dengan hitam sebagai hasil akhir. Pencampuran
warna dengan gradien identik dengan tints pencampuran dengan gradien, tetapi
menggunakan hitam di ujung spektrum dari putih, seperti yang ditunjukkan pada
GAMBAR 5.26. Untuk mencampur warna menggunakan overlay, ulangi cara mencampur
warna, tetapi menggunakan semi-transparan hitam overlay.
7.
Pencampuran Nada
Pencampuran
nada matematis adalah
sedikit lebih rumit daripada pencampuran tints atau nuansa. Sekarang, kita mengubah kode warna untuk
mendekati abu-abu sekaligus
mengurangi pasang hex untuk dasar rona cyan sementara meningkatkan pasangan lainnya. GAMBAR
5.27 menggambarkan beberapa nada yang dapat
terjadi.
Pada
dasarnya, Anda membuat nada dengan menambahkan abu-abu untuk warna. Artinya,
Anda menambahkan kedua komponen abu-abu: hitam
dan putih. Anda menambahkan hitam
dengan mengurangi pasangan hex untuk warna
aslinya (seperti yang akan Anda lakukan
untuk membuat teduh) dan Anda
menambahkan putih dengan
meningkatkan pasangan hex lainnya (seperti yang akan Anda lakukan untuk membuat warna).
Dalam melakukannya, ada perbedaan numerik menurun antara pasangan
rona dasar dan warna
lainnya, sehingga mendekati abu-abu murni
(nilai yang sama dari
ketiga pasang).
8.
Pencampuran Warna Lain
Anda juga dapat membelokkan rona terhadap salah satu warna
tetangganya. Misalnya, Anda mungkin ingin kuning memiliki warna kehijauan, atau
merah memiliki nada ungu. Untuk mencapai hal ini secara matematis, meningkatkan
kode untuk pasangan atau pasangan yang terbaik mencerminkan arah yang Anda
ingin pergi ke hue. Bergantian, membangun gradien antara dua warna. Anda dapat
membelokkan seluruh kelompok warna sekaligus dalam arah warna tertentu sebagai cara
untuk membuat palet bersatu, seperti yang ditunjukkan dengan menggunakan palet
terus menerus Adobe sebagai
"model" dalam GAMBAR 5.31.
"model" dalam GAMBAR 5.31.
C.
Memilih Skema Warna
Ini perlu
mengulangi bahwa hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk membangun
banding, suasana hati, dan suasana untuk situs Anda adalah untuk memilih skema
warna yang sesuai. Meskipun warna web dicampur berbeda dari keadaan media, itu
tidak berarti bahwa Anda perlu mempelajari semua teori-teori baru untuk membuat
warna bekerja di web, teori-teori lama tentang skema warna menyenangkan masih
terus benar. Misalnya, kuning selalu terlihat bagus dengan warna oranye terkait
apakah kuning diciptakan dengan cat (warna subtraktif) atau piksel (warna
aditif).
Bila Anda
diperbolehkan untuk memilih warna Anda sendiri, Anda harus terlebih dahulu
mempertimbangkan audiens dan tujuan dari situs. Sebuah situs untuk anak-anak
mungkin menggunakan warna-warna primer atau beberapa desain lain sepenuhnya
jenuh Benderang. Sebuah situs grup rock mungkin menggunakan funky kombinasi
warna neon, atau skema gelap dan keruh, tergantung mood band ingin proyek.
Sebuah skema warna yang lebih tenang dan stabil, seperti monochromatic biru,
cocok untuk situs perusahaan (sekali lagi, berpikir "Big Blue," IBM).
Warna
membangkitkan asosiasi tertentu dan emosi dalam pikiran kita. Berikut ini
adalah ringkasan beberapa dari asosiasi untuk dunia Barat:
1. Kuning: ceria, cerah, ceria, senang,
bercahaya, intens. Populer contoh:
energi tinggi label logo Citron Absolut.
energi tinggi label logo Citron Absolut.
2. Orange: energik, ceria, berseri-seri,
vital, ceria, menyenangkan, bahagia, komedi, meriah, keras, populer dengan
anak-anak. Ini membawa banyak kualitas yang sama yang komponen kuning dan
merah. Oranye kehilangan popularitas selama bertahun-tahun karena asosiasi dengan
periode akhir 1960-an dan awal 1970-an, tetapi sekarang membuat cerdas. Ketika
meringankan untuk persik atau karang: lembut, kelas atas, nurtur-ing, sehat.
Ketika gelap untuk karat yang mendalam: sensual, bersahaja, pedas, hangat,
etnis.Contoh populer: The oranye dinamis Sunkist kaleng minuman ringan Orange.
3. Merah:
Perhatian-menuntut, energik, menarik, berani, panas, agresif,
dinamis, berapi-api, intens, bergairah, seksi, berdarah, peringatan, marah, sombong. Itu sebagian besar perhatian pengumpulan-warna. Ketika diperdalam untuk warna dan nada: yang kaya, subur, elegan, halus. Ketika meringankan untuk pink: mengejutkan, energik, muda, trendi, bersemangat, yg bertingkah aneh. Ketika meringankan untuk pucat merah muda: romantis, lembut, femi-sembilan, manis, sentimental, lembut, halus. Populer contoh: energi merah Coke logo dan suasana feminin Victoria Secret.
dinamis, berapi-api, intens, bergairah, seksi, berdarah, peringatan, marah, sombong. Itu sebagian besar perhatian pengumpulan-warna. Ketika diperdalam untuk warna dan nada: yang kaya, subur, elegan, halus. Ketika meringankan untuk pink: mengejutkan, energik, muda, trendi, bersemangat, yg bertingkah aneh. Ketika meringankan untuk pucat merah muda: romantis, lembut, femi-sembilan, manis, sentimental, lembut, halus. Populer contoh: energi merah Coke logo dan suasana feminin Victoria Secret.
4. Purple:
yang kaya, elegan, kreatif, spiritual, percaya diri, eksentrik, sensual,
berani, futuristik. Ketika diperdalam untuk lebih gelap ungu: agung, megah.
Ketika meringankan untuk lavender: lembut, manis, sopan, nostalgia, halus. Bila
berwarna abu-abu untuk nada: canggih, halus. Populer contoh: nuansa megah
tradisional ungu jubah royalti.
5. Biru:
tenang, tenang, damai, meditatif, tenang, dapat diandalkan, tradisional,
bersih, segar, dingin, es, mengacu ke langit dan air, ilahi, dingin, sedih.
Ketika diperdalam untuk gelap biru: kuat, otoriter, kredibel. Ketika meringankan
blues pucat: lembut, tenang. Ketika diwarnai dengan hijau (seperti teal): yang
kaya, unik, kelas atas, menarik bagi kedua jenis kelamin. Ketika diwarnai
dengan ungu (periwinkle): hangat, trendi, energik. Populer Contoh: keandalan
tersirat oleh "Big Blue" IBM skema warna.
6. Hijau:
alami, segar, bersih, sehat, penuh harapan, muda, melimpah, kelahiran kembali,
musim semi, menenangkan, dingin, bersih, yg berhubung dgn hutan. Ketika diperdalam
ke hijau gelap: kekayaan, keamanan, keselamatan, prestise, aman, aman, megah.
Ketika meringankan untuk pucat hijau: tenang, menenangkan. Populer contoh: hijau
Kelly yang mewakili Republik Irlandia atau kemasan hijau sehat makanan Green
Giant.
7. Brown:
tahan lama, bersahaja, pedesaan, organik, sehat, etnis, substansial, padat,
waktu-kurang, handal, stabil, kuno, permanen, menjemukan, kotor. Ketika
meringankan untuk tans dan beige: batu, pasir, alami, klasik.
8. Putih:
murni, bersih, suci, murni, polos, cerdas, kejelasan, higienis, sehat, mencolok,
minimalis, dingin. Ketika diperdalam untuk off-putih: hangat, ramah, tenang. Contoh
yang populer: putih adalah warna gaun pengantin dan "pahlawan pada kuda
putih "dalam budaya Barat.
9. Hitam:
kecanggihan, keanggunan, chic, dramatis, misterius, kuat, bergaya, murung,
menyenangkan, firasat, kematian, depresi, putus asa, ketakutan. Populer contoh:
Hitam elegan dari logo Chanel atau tuksedo pria. Fully-jenuh warna
menggambarkan suasana hati yang jelas, kuat, atau kekanak-kanakan.
a.
Proporsi
Warna
Ketika
mengulangi warna seluruh situs, Anda tidak harus menggunakan jumlah yang sama setiap
warna. Dalam skema tiga-warna, misalnya, menggunakan 33% dari setiap warna pada
halaman akan mengarah ke halaman membosankan tanpa focal point. Sebaliknya,
Anda dapat menggunakan satu warna untuk latar belakang halaman (mungkin 60%
dari warna pada halaman), warna lain untuk elemen seperti header atau grafis
yang membutuhkan sejumlah penekanan (mungkin 30% dari halaman), dan cadangan
warna-biasanya ketiga yang paling mencolok untuk item-
bahwa Anda ingin memberikan penekanan yang paling, seperti "Sale Today!" Pengumuman.
bahwa Anda ingin memberikan penekanan yang paling, seperti "Sale Today!" Pengumuman.
Memikirkan
pilihan warna sebagai proporsional dengan warna dalam pakaian bisnis pria: 60%,
biasanya cukup halus, adalah dalam setelan itu sendiri. 30% dari warna,
biasanya terang bit, dalam kemeja, dan 10%, biasanya warna yang paling jelas,
adalah dasi. Singkatnya, aksen dasi cerah, namun tidak membanjiri, sisa dari
keseluruhan gambar.
b.
Skema
Warna
Beberapa
kombinasi warna diprediksi biasanya berhasil. Kami akan melihat yang paling umum:
monokromatik, komplementer, triad, analog, hangat, dan sejuk. Semua ini
didasarkan pada roda warna tradisional dibahas sebelumnya dalam bab ini. Ini
kami pekerjaan sebagai desainer untuk menerjemahkan skema warna tradisional
untuk roda warna RGB.
c.
Monokromatik
Skema Warna
Sebuah skema
warna monokromatik, yang mempekerjakan tints dan nuansa rona tunggal, adalah salah
satu yang termudah bagi desainer untuk mulai bekerja dengan efektif. Skema
warna monokromatik cenderung bersatu, harmonis, dan profesional. Di sisi lain,
mereka dapat menjadi pemikiran yang membosankan bila digunakan buruk.
d.
Pelengkap Skema Warna
Sebuah
skema warna komplementer menggunakan dua warna yang
berlawanan satu sama lain di sekitar kondisional warna. GAMBAR 5.34 menunjukkan beberapa
skema warna komplementer diekstrak
dari roda warna serta
situs web dunia
nyata yang efektif menggunakan warna komplementer biru dan oranye. Fully-jenuh menciptakan komplementer
warna, semangat paling
menggelegar, dan menarik
perhatian dari skema warna,
mengkreasikan ketegangan dan ilusi
gerakan, mengapa skema
pelengkap sering digunakan untuk warna tim.
e.
Triad Skema Warna
Sebuah
warna triad skema,
menggunakan spasi tiga warna merata sekitar roda warna tradisional. Skema Triad dapat
berani dan bersemangat, tetapi pada saat yang sama gemuruh, meskipun tidak cukup pada tingkat yang sama sebagai pelengkap skema
warna. Tiga serangkai Skema
yang paling banyak digunakan tiga
warna utama tradisional, merah, biru, dan kuning.
f.
Analog Skema Warna
Sebuah analog skema warna, bergantung
pada beberapa sifat warna seseorang satu sama lain pada roda warna. Pikirkan
warna jeruk kuning, oranye, dan hijau, atau warna hangat kuning, oranye, dan merah,
atau berbagai warna biru dan hijau. Biasanya harmonis, gaya, dan menyenangkan. Analog
skema warna adalah yang paling mudah dari skema untuk menarik off berhasil.
g.
Skema Warna Panas
Sebuah skema warna hangat adalah
varian analog berdasarkan kuning, orange, dan merah, seperti yang ditunjukkan
dalam roda warna di GAMBAR 5.37. Warna hangat ini, nyaman, dan mengundang
hangat warna muncul untuk menunjukan, mereka tampaknya lebih dekat dengan
penonton.
h.
Skema Warna Sejuk
Skema warna sejuk adalah varian lain
analog, berdasarkan ungu, biru, dan hijau, seperti digambarkan dalam GAMBAR
5.38. Warna dingin tampaknya surut dari penampil, muncul lebih jauh. Persepsi
jarak adalah hasil dari alam bawah sadar kita. Pengalaman dalam melihat benda
jauh-jauh, seperti gunung yang jauh, melalui kebiruan kabut atmosfer. Warna
dingin biasanya dianggap sebagai licin, sophisti-berdedikasi, dan profesional.
Karena itu masuk akal bisnis yang baik bahwa begitu banyak corporations
menggunakan variasi biru untuk merek mereka. Perhatikan bahwa warna batas kuning-hijau
dan merah keunguan dapat berupa hangat atau dingin, karena mereka berbaur
dengan baik dengan kedua skema.
i.
Inspirasi untuk Skema Warna
Perhatikan tren warna dalam mode dan
dekorasi rumah, karena warna-warna yang panas di daerah tersebut saat ini akan
panas di situs web besok. Pada tulisan ini, bersahaja nada seperti cokelat dan orange
telah kembali setelah puluhan tahun diejek sebagai pase peninggalan dari tahun
1970-an. Bahkan, majalah rumah baru-baru ini dikutip dekorasi beberapa desainer
interior yang mengatakan bahwa "coklat adalah hitam baru." Shades of
abu-abu juga tampaknya akan menggantikan hitam sebagai netral pilihan di web,
khususnya di highend situs web pasar, seperti Chanel dan Mercedes. Situs-situs
tersebut seringkali rendered terutama di grayscale, dengan hanya beberapa baik
ditempatkan tembakan warna.
Untuk ide menarik skema warna, hanya
melihat-lihat. Inspirasi bisa datang dari lokasi mungkin:
1) Sebuah mug sweater atau kopi
favorit.
2) Iklan di TV.
3) Membuka kredit film.
4) Katalog, iklan, dan fashion dan
majalah dekorasi.
5) Menampilkan dalam hadiah, rumah, dan
toko-toko fashion. Berjalan ke setiap Crate & Barrel di Amerika Serikat
untuk melihat warna trendi dalam desain saat ini.
6) Cat sampel dan brosur dari palet cat
dan toko-toko dekorasi.
7) Kain di toko-toko dekorasi.
8) Referensi buku bagi para seniman.
9) Sebuah kotak Krayon Crayola.
j.
Warna Kontras
Kontras adalah tingkat perbedaan
antara atribut berbagai warna. Sebagai mana telah disebutkan dalam Bab 4,
kontras digunakan untuk menekankan beberapa item, sementara juga mempertegas
yang lain. Kita dapat menggunakan atribut warna sebagai mana dibahas sebelumnya dalam Bab
4 untuk membuat kontras:
1) Hue: warna komplementer, seperti
biru dan oranye, memiliki kontras terbesar.
2) Nilai: warna rendah kontras dengan
warna-warna gelap, seperti lavender pucat dibandingkan ungu tua.
3) Saturation: warna jenuh sangat
kontras dengan warna saturasi rendah, seperti hijau terang dengan hijau hutan
gelap.
4) Suhu: warna hangat (kuning, oranye,
merah) kontras dengan warna sejuk (Ungu, biru, hijau).
Kedua
kontras yang sangat tinggi dan halaman kontras yang sangat rendah dapat menantang
untuk membaca. Pikirkan kontras tinggi dari merah pada hijau, atau kontras
rendah dari kuning pada putih, dan Anda bisa membayangkan kesulitan. Kontras
adalah alat bagus untuk menonjolkan beberapa elemen, sementara menekankan yang
lain. Misalnya, menggunakan warna gelap untuk sebagian besar halaman, sementara
menggunakan hidup oranye untuk judul, yang mana menekankan judul. Digunakan keras,
kontras dapat menjadi sangat efektif sebagai sarana bermain di daerah yang kita
pilih untuk menekankan. Digunakan bijaksana, kontras hanya melayani untuk
memperhatikan unsur-unsur yang salah.
Menempatkan
kontras warna tinggi bersebelah satu sama lain memperbesar persepsi kontras.
Sebaliknya, menempatkan warna yang kuat di samping warna yang lebih lembut,
seperti bola merah di latar belakang kuning, membuat warna yang kuat tampak
kuat dan warna lembut tampak lebih halus. Menempatkan warna sangat jenuh
seperti ini merah pemadam kebakaran di samping nada diredam seperti abu-abu
membuat merah tampak sangat jelas bahwa hampir berkilau. Menempatkan merah pada
putih tampaknya tidak mempengaruhi banyak warna merah, tapi putih mengambil cast
merah muda. Merah dan hijau, warna komplementer, membuat ketegangan yang
membuat merah tampak entah merah. Merah pada hitam tampaknya juga membuat
tampilan merah, merah, tapi tanpa tingkat ketegangan yang sama. Skema kontras
tinggi seperti ini memiliki ketajaman "tepi" antara warna, yang
menciptakan ketegangan, kegembiraan, dan drama. Di sisi lain, merah terlihat
paling tenang ketika ditempatkan pada warna yang sama seperti pink atau oranye.
Kombinasi kontras rendah seperti ini memiliki tepi lembut dan tampaknya tenang,
menenangkan, dan bahkan elegan. Dalam kasus apapun, tingkat kontras antara
warna tentu mempengaruhi keseluruhan
suasana sebuah situs.
suasana sebuah situs.
k.
Latar Belakang Warna
Kita hanya melihat, kita perlu
memiliki kontras nilai yang cukup antara latar depan dan latar belakang.
Desainer untuk media cetak selalu bersikeras bahwa lebih mudah untuk dibaca teks
gelap di latar belakang terang, adalah cara yang paling murah untuk mencetak.
Dalam kasus apapun, banyak desainer membawa bahwa prasangka gelap menghidupkan
cahaya untuk web, dan percaya bahwa latar belakang gelap harus dihindari. Bukti
anekdok menunjukkan bahwa pemirsa yang lebih tua khususnya lebih cenderung
untuk tidak menyukai latar belakang gelap karena,latar belakang hitam telah
digunakan secara berlebihan, sering dalam situs web amatir.
Para
desainer merasa bahwa web merupakan media yang
sama sekali berbeda dari cetak,
dan teks berwarna terang bersinar dari dalam latar
belakang gelap dapat sebagai dramatis serta mudah pada mata. Dengan
berbagai latar belakang gelap, meskipun, teks harus
dari yang cukup berat,
ukuran, dan nilai yang muncul secara efektif pada
latar belakang gelap. Juga, warna
default untuk link harus diubah,
karena mereka dimaksudkan untuk cahaya latar belakang, bukan yang gelap. Kita
telah melihat bagaimana warna yang
berdekatan kontras mempengaruhi
cara "Membaca."
l.
Warna-Warna Tautan
Standar warna link ditetapkan oleh
browser pemirsa, biasanya biru untuk link yang belum dikunjungi, merah untuk
link aktif, dan ungu untuk link yang dikunjungi. Warna-warna ini jelas
berbenturan dengan skema warna yang kita mungkin ingin menggunakan. Misalnya,
mereka akan terlihat mengganggu
norak pada halaman cokelat halus dan warna tanah emas. Kita bisa, gunakan CSS mengubah default warna link kita.
norak pada halaman cokelat halus dan warna tanah emas. Kita bisa, gunakan CSS mengubah default warna link kita.
m.
Mencetak Bahan
Bagaimana jika pemirsa ingin
mencetak halaman Anda? Dan ia memiliki printer warna, baik. Beberapa warna Anda
dengan hati-hati mungkin dipilih dan menghilang pada halaman grayscale ketika dicetak. Agar
tidak hilang, ada beberapa pilihan:
1) Tweak warna tidak sampai. Jika
nilai-nilai latar depan dan latar belakang memberikan cukup kontras
(sebagaimana mestinya dalam keadaan apapun), halaman harus biasanya diterjemahkan
dengan baik ke grayscale.
2) Menyediakan ke link, versi terpisah
"printer-friendly" halaman, biasanya konten hitam pada latar belakang
halaman putih, dengan grafis minimal.
3) Link ke file, terpisah CSS eksternal
dengan media atribut diatur untuk mencetak. Sekali lagi, menggunakan konten
hitam pada latar belakang halaman putih.
D.
Warna
dan Aksesibilitas
10% dari penduduk laki-laki buta warna. Ada berbagai
bentuk buta warna-ness: merah-hijau, hijau-coklat, dan sebagainya. Kita tidak mungkin
menghindari semua warna yang bisa disalahartikan oleh semua pengunjung dengan
gangguan penglihatan warna. Meskipun demikian, itu cukup mudah untuk memastikan
halaman kita terbaca kepada siapa pun dengan warna penglihatan. Dimana, harus
ada cukup nilai kontras antara latar depan dan warna latar belakang sehingga
rona itu sendiri tidak relevan untuk keterbacaan.
Modus grayscale dapat menunjukkan apakah atau tidak ada
nilai cukup kontras jika informasi warna dihapus. SIA toolbar disebutkan
sebelumnya memungkinkan melihat halaman warna dalam modus grayscale, karena satu
atau beberapa gangguan penglihatan warna mungkin melihatnya. Selain
memperhatikan perbedaan nilai, kita juga harus memastikan bahwa warna saja
tidak pernah satu-satunya petunjuk untuk makna. Misalnya, sinyal lalu lintas
masih dilihat dengan gangguan warna karena lampu merah dan hijau selalu dalam posisi
yang sama. Salah satu daerah yang kita harus sangat berhati-hati adalah
navigasi Link. Jika warna adalah isyarat hanya untuk membedakan link dari teks
normal, maka warna bagi pengunjung buta mungkin tidak dapat membedakan link
dari teks biasa. Oleh karena itu, kita juga perlu memastikan untuk menggunakan
affordances lain pada link, seperti garis bawah, tebal, atau miring.
E.
Kesimpulan
Warna
kuat, membangkitkan mood dan suasana langsung. Warna di web lebih murah untuk
digunakan dibandingkan warna dicetak, meskipun ada kesulitan teknis segudang,
kita harus mengatasi jika halaman web mereka menampilkan sebagaimana dimaksud.
Meskipun demikian, bekerja dengan warna dapat menjadi salah satu aspek yang
lebih kreatif dan memuaskan pengguna dari merancang antarmuka.
Jangan takut untuk bermain dengan warna. Setelah semua, warna pada media digital dapat diubah dengan cuma-cuma jika Anda tidak menyukai mereka. Gunakan warna dalam cara yang tak terduga dan Anda hanya mungkin mendapatkan hasil yang tak terduga.
Jangan takut untuk bermain dengan warna. Setelah semua, warna pada media digital dapat diubah dengan cuma-cuma jika Anda tidak menyukai mereka. Gunakan warna dalam cara yang tak terduga dan Anda hanya mungkin mendapatkan hasil yang tak terduga.
warna bagkgrounya ini pakai warna apa ?
BalasHapus